Jual Beli Mobil, Harga Mobil, dan Otomotif Magazine Updates
Hot NewsIni Alasan Lesunya Pasar Mobil Kapasitas 3.0 Liter di Indonesia?
Autodesk VRED Professional 2014 SR1-SP7

Ini Alasan Lesunya Pasar Mobil Kapasitas 3.0 Liter di Indonesia?

by

Hingga saat ini pelemahan nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika, memang sudah bisa diredam. Walaupun begitu, imbas dari pelemahan yang terjadi di tahun 2015 kemarin, masih meninggalkan bekas luka yang cukup pahit, terutama bagi para pelaku bisnis otomotif.

Kondisi ini kembali diperparah dengan beban tambahan yang baru saja diresmikan tahun lalu, yaitu beban Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) yang meloncat dari 75 persen, kini menjadi 125 persen untuk mobil bermesin 3 Liter ke atas (Bensin) dan 2.5 Liter (Diesel).

Secara tidak langsung, kenaikan PPnBM ini telah berdampak kepada penjualan mobil premium dan sportcar berkapasitas besar. Bahkan menurut Rudy Salim, selaku Presiden Prestige Image Motocars, memprediksi jika penjualan mobil baru berkapasitas di atas 3.0 Liter, masih akan cukup sulit dilakukan.

Walaupun begitu, Rudy menyatakan jika penjualan mobil sport atau premium dengan kapasitas mesin di bawah 3.0 Liter, penjualannya masih lumayan. Bahkan Rudy menerangkan jika beberapa merek justru mengalami peningkatan penjualan.

Selain itu, alasan lainnya konsumen enggan membeli mobil berkapasitas mesin berkapasitas 3.0 Liter ke atas adalah, dampak dari pelemahan nilai tukar rupiah terhadap USD, telah membuat harga jual mobil ikut naik, bahkan cenderung tidak wajar.

Tren Sportcar

Walaupun penjualan mobil premium turun mengalami penurunan, tapi untuk beberapa tipe, terutama jneis sportcar, tahun 2015 menjadi tahun yang cukup ramah. Tentu saja hal ini tidak lepas dari masalah kapasitas mesin mobilnya kini banyak menggunakan mesin di bawah 3.0 Liter.

Misalnya saja Porche 911 versi 2 yang hadir dengan kapasitas mesin 2.9 Liter. Di Indonesia, pasar dan permintaan mobil ini masih cukup tinggi, dan bahkan mobil ini termasuk dalam daftar mobil premium dengan penjualan terbaik. Diharapkan tren positif ini terus berlanjut di tahun 2016 sekarang.

Pasar Mobil Premium

leave a reply

Back to Top